Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.
Menimbang hal di atas, program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.
Dunia informatika di Indonesia sedang mengalami kemajuan, karena itu banyak anak muda yang mendaftarkan diri untuk mengambil jurusan tehnik informatika. Dalam membuat skripsi teknik informatika dapat mengambil contoh yang terjadi di dunia kerja saat ini, dimana setiap perusahaan pasti menyediakan minimal seorang tenaga IT atau programmer.
Berikut ini adalah contoh skrispi teknik informatika.
Membuat judul. Menulis nama judul, nama penulis, nama kampus dan nomor induk mahasiswa. Judul harus yang berkaitan dengan dunia teknik informatika misalnya Cara Membuat Program data base & aplikasi lainnya
Membuat pendahuluan/latar belakang masalah. Bagaimana metode yang tepat dalam cara membuat program animasi yang efektif dan disukai masyarakat Indonesia.
Pembahasan masalah. Membuat penjelasan masalah-masalah yang mungkin akan menjadi suatu pro dan kontra.
Perumusan masalah. Membuat jalan keluar dari masalah-masalah yang ada serta pembahasan masalah-masalah agar program ini menjadi bisa membuat Indonesia menjadi lebih dikenal di mata dunia.
Tujuan dan manfaat penelitian. Menerangkan dari manfaat program ini bukan sekedar untuk menambah jenis permainan tapi juga mengenal suku-suku Indonesia.
Metodelogi Penelitian. Dapat menggunakan contoh Sekolah Kejuruan Teknik (STM) yang ada di kota maupun daerah.
Kerangka berfikir. Membuka pemikiran baru tentang program bermain sambil belajar tentang negeri Indonesia.
Landasan Teori. Dengan lebih mengutamakan kemajuan teknologi sebaiknya dapat juga memberi dampak positif bagi anak-anak bangsa.
Hipotesis. Memberikan jawaban-jawaban yang mungkin akan muncul dengan program permainan ini.
Penutup. Mengemukakan alasan-alasan yang tepat mengapa program ini layak untuk anak Indonesia dan memberikan harapan-harapan yang baik.
Saat ini alumni Teknik Informatika telah tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai profesi, seperti dosen, guru, staf TI, wiraswasta, dan bahkan ada yang bekerja di Singapura. Tempat mereka bekerja juga beraneka ragam, seperti perbankan, industri kertas, pengolahan kayu, serta industri lainnya.
Minggu, 23 Desember 2012
Pengertian Teknik Informatika
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar